VIRTUAL BOX DAN DOCKER

VIRTUAL BOX

  1. Pengertian dan Fungsi dari VirtualBox – kali ini saya akan bahas apa itu yang namanya virtualbox, tapi sebelumnya saya akan sarankan bagi SANET (Sahabat Networking) untuk membaca artikel saya sebelumnya yang mungkin bisa membantu sanet kedepannya setelah mengetahui software virtualbox ini dan artikel yan saya sarankan yaitu Perintah dasar linux yang wajib bagi pemula danMacam-macam mode jaringan di VirtualBox. Kembali ketopik awal yaitu pengertian dan fungsi dari virtualbox, virtualbox adalah software gratisan yang paling sering di pakai oleh para pelajar atau orang orang yang suka dalam bidang IT khusunya jaringan. Nah lantas apa itu virtualbox dan apa fungsinya, ok kalo begitu monggo silahkan dibaca pengertian, fungsi dan manfaatnya menggunakan software virtualbox.

    Apa itu Virtualbox ?

    Virtualbox adalah software virtualisasi untuk menginstall sebuah OS “Operating System”, kita tahu bahwa arti dari kata virtuallilsasi merujuk pada kamus Oxford adalah “Convert (something) to a computer-generated simulation of reality” yang artinya  Mengubah/mengkonversi (sesuatu) ke bentuk simulasi dari bentuk yang nyata atau real. Nah jadi buat para agan agan yang mau coba-coba buat latihan mengingstall OS, tidak usah repot-repot harus menginstall ulang PC/Laptop agan (ribetlah) hehe, kita cuma perlu software Virtualbox ini untuk coba-coba atau belajar menginstall sebuah Operating System.

Pengertian dan Fungsi dari VirtualBox

Fungsi dari Virtualbox :

  1. Mencoba operating system yang berbeda dengan operating system utama
  2. Mencoba operating system yang baru rilis atau masih dalam tahap uji
  3. Mencoba untuk membuat sebuah simulasi jaringan dan
  4. Mungkin juga untuk mencoba simulasi menguji sebuah security, entah itu OS ataupun website

Manfaat Menggunakan Virtualbox :

  1. Dapat bermanfaat bagi kaum awam untuk belajar menginstall operating system, tanpa perlu mengubah atau mengcopykan data data yang ada di hardisk
  2. Dapat menginstall beberapa operating system secara Cuma-Cuma tanpa harus mempermanent-kannya ke dalam hardisk
  3. Hemat uang, dalam arti tidak perlu membeli hardware-hardware atau computer baru untuk memakai banyak operating system

Untuk mendownload software virtualbox silahkan di klik link berikut : download virtualbox

Dan ini ada sedikit SS atau penampakan dari Virtualbox

DOCKER

pengertian docker

Perkembangan teknologi di zaman sekarang sudah tidak diragukan lagi begitu sangat cepat sehingga aplikasi yang tersedia pun begitu sangat beragam dan sangat banyak. Bagi developer, ketika mengembangkan sebuah aplikasi biasanya akan menjalankan virtualisasi pada server agar pembuatan aplikasi dapat berjalan di berbagai platform. Hal ini cukup ribet karena harus menyiapkan sebuah sistem operasi secara utuh.

Dengan adanya Docker, hal tersebut dapat diminimalisir cukup baik. Docker adalah sebuah proyek yang bersifat open source dibawah lisensi Apache Versi 2.0 yang bisa dipergunakan secara gratis oleh developer dan berfungsi sebagai wadah atau container untuk memasukkan sebuah aplikasi secara lengkap beserta semua hal lainnya yang dibutuhkan sehingga dapat berjalan dimana saja. Dalam hal ini, developer atau sysadmin dapat menjalankan aplikasi di mana pun misalnya di laptop, data center, virtual machine dan cloud.

Awal mulanya Docker dikembangkan oleh Solomon Hykes sebagai proyek internal di dotCloud, yang merupakan sebuah perusahaan PaaS (platform as a service). Untuk lebih jelasnya terkait docker dapat melihat dokumentasinya di https://docs.docker.com/

pengertian docker

Docker menggunakan arsitektur berbasis client-server. Dalam hal ini, Docker clientmengirimkan permintaan berupa sebuah perintah kepada Docker daemon untuk membangun, mendistribusikan, dan menjalankan container Docker.

Terlihat pada gambar, Docker daemon berjalan pada host, sehingga pengguna tidak dapat berinteraksi langsung. Untuk mengaksesnya, menggunakan Docker client yang merupakan tampilan utama untuk pengguna, sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan Docker daemon.

Mengenal istilah pada Docker

Docker Image

Docker image merupakan template dasar untuk docker container. Image ini berisi sistem oeprasi ataupun aplikasi yang sudah selesai. Docker image ini berfungsi untuk menjalankancontainer.

Docker Container

Docker container merupakan sebuah image yang bersifat read-write. Pada setiap perubahan yang disimpan pada container akan menyebabkan terbentuknya layer baru di atas image. Developer dapat melakukan instalasi aplikasi didalamnya dan melakukan penyimpanan.

Docker Registries

Docker registries merupakan tempat penyimpanan (public atau private) di mana developer dapat mengunggah dan mengunduh image. Docker registries bersifat public disebut dengan Docker Hub. Disini, terdapat banyak image yang sudah dibuat atau image yang lain.

Dockerfile

Dockerfile merupakan script yang yang berisi dari serangkaian perintah yang akan dieksekusi secara otomatis dan berurutan untuk membuat sebuah image.

Dengan Docker, proses akan sangat ringan dan cepat dibandingkan dengan virtual mesin yang berbasis hypervisor. Besarnya overhead, hanya sebesar layanan aplikasi yang dijalankan padacontainer itu sendiri. Selain itu, para developer dapat menjalankan banyak container dalam mesin host.

sumber:

http://abangnetwork.blogspot.co.id/2014/10/pengertian-dan-fungsi-dari-virtualbox.html

http://percetakanundangan.web.id/coreldraw/apa-itu-dockers-inilah-gambaran-umumnya/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s